Langkah Mengatasi Sales Yang Malas






Langkah Mengatasi Sales Yang Malas

Membina sales  yang malas merupakan satu tantangan tersendiri untuk Anda seorang atasan. Banyak hal yang dapat kita kategorikan sebagai sales yang malas, seperti datang terlambat, pergi keluar disaat jam kerja, pura-pura sakit , selalu mengeluh tentang pekerjaannya, tidak buat daily dan banyak lagi. Kadang-kadang untuk menghadapi hal tersebut Anda mesti sampai memecat mereka. Tetapi apakah itu satu-satunya solusi? Jawabannya tidak, banyak cara yang dapat Anda tempuh dalam mengelola sales Anda yang malas sebelum Anda memutuskan untuk memecat mereka.

1.       Dokumentasikan situasi. Dokumentasikan secara detail kehadiran sales Anda, mulai dari jam masuk, coffee break, istirahat makan siang, jam mereka pulang, sampai segala gerak-gerik mereka. Lalu Anda rekap semuanya dan lihat apakah mereka menggunakan waktu sebagaimana mestinya dan berapa kali mereka melakukan pelaggaran serta malas-malasan.
2.       Hadapi sales. Setelah Anda mendokumentasikan semuanya, berarti Anda telah memiliki bukti. Langkah selanjutnya bicaralah dengan sales Anda, beri tahu dan minta mereka menjelaskan mengenai pelanggaran dan kinerja buruk yang mereka lakukan.  Cari tahu apakah ada alasan yang sah untuk apa yang Anda anggap sebagai kemalasan.
3.        Menetapkan tujuan dan jadwal kerja untuk meningkatkan kinerja sales. Sering-sering lah memeriksa kinerja sales Anda, apakah yang mereka lakukan sudah sesuai dengan jadwal dan target yang Anda berikan kepada mereka. Beri tahukan pula kepada mereka, jika performa mereka bekerja mulai menurun, ada harapan bahwa mereka aka kehilangan pekerjaan mereka. Terkadang hal ini cukup efektif untuk beberapa sales agar memotivasi mereka bekerja lebih giat.
4.        Berikan Fasilitas kepada sales Anda. Seringkali terhambatnya suatu pekerjaan bukan karena faktor kemalasan sales , tetapi karena faktor kurangnya fasilitas atau peralatan penunjang untuk membantu sales Anda bekerja. Nah inilah tugas Anda sebagai pengelola sales untuk menyediakan fasilitas tersebut. Pastikan peralatan kantor yang dapat menunjang pekerjaan sales tersedia dengan baik, jika perlu berikan juga mereka pelatihan tambahan.
5.        Dorong sales untuk memprioritaskan tugas-tugas yang lebih penting terlebih dahulu. Kadang-kadang seorang sales hanya kewalahan dengan apa yang harus mereka kerjakan, sehingga mereka menjadi kelihatan malas.
6.       Luangkan waktu untuk bertemu dan mengecek langsung sales Anda ke lapangan, bukan hanya dari balik meja. Pastikan kinerja mereka tetap unggul dan tidak mengulangi pelanggaran yang pernah mereka perbuat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Mengatasi Sales Yang Malas"

Post a Comment