CARA MUDAH JUALAN MOBIL (SALES FORCE)

CARA MUDAH JUALAN MOBIL | TIPS MARKETING

Pada dasarnya manusia di beri oleh Tuhan bakat dasar sebagai penjual, contoh bayi yang haus/lapar lalu menanggis ini teknik si bayi agar diberi minum susu,kita berdoa sama Tuhan dengan menanggis agar doa kita di kabulkan,waktu kita kecil minta jajan dengan menanggis ,waktu kita menyakinkan pasangan kita agar mau kita nikahi ,seorang mahasiswa berorasi saat kampanye pemilihan ketua senat dll.

Ini semua adalah teknik  dasar menjual yaitu mempengaruhi orang lain agar yakin dan mengikuti keinginan kita/agar orang lain yakin dan mau membeli produk yang kita jual, bisa dikatakan semua manusia dilahirkan mempunyai bakat dasar menjual,karena disetiap sendi kehidupan baik dikeluarga,disekolah,dikantor, dipemerintahan, di manapun juga selama manusia saling berinteraksi disitu terjadi proses deal –deal tertentu yang bisa dikatan terjadi proses transaksi jual beli,kesimpulannya adalah menjual itu mudah karena kita semua sudah mempunyai bakat dasar menjual.

Yang jadi masalah adalah kita MAU TIDAK melakukan prosesnya? Yang harus di lalui step bay step agar kita menjadi profesional didalam bidang penjualan product apapun,disini  penulis akan memberikan 3 tips cara Joss agar kita mudah menjual mobil:

I. PAMERAN ( DISPLAY )
Pameran adalah salah satu cara kita memperkenalkan product,berkomunikasi langsung ,dan menjual langsung ke konsumen,pameran ini bisa kita lakukan di berbagai pasar :

i)    Pasar tradisional (Pasar tradisonal di semua daerah Indonesia pasti ada  kita bisa mengadakan Moving Exhibition disana dengan type mobil yang di pamerkan yaitu : Pick Up /Truck)
ii)    Pasar Modern (Pameran di mall/Swalayan/Perumahan elit,Type mobil yang kita pamerkan mobil penumpang City Car,MPV,SUV sampai yang model premium)
iii)    Pasar On line/Dunia maya : ( kita bisa membuat blog,membuat web,mengirim email penawaran mobil /undangan test drive dll)
iv)    Pasar Mobil bekas(di kota-kota besar biasanya setiap hari minggu di adakan bursa mobil bekas)dimana customer yang datang sudah siap membeli mobil tinggal kita mengarahkan untuk mau membeli mobil baru

Pameran(di pasar tradisional/modern/dunia maya) yang menganai sasaran akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman  20% sd 30%, contoh: Total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan,kalau salesman tersebut mengunakan media pameran untuk prospectingnya maka 2 unit  sd 3 unit kemungkinan besar dari hasil pameran di keempat pasar tersebut di atas,karena pameran tidak selalu dipetik hasilnya saat itu juga butuh maintain dan follow up yang berkesinambungan


II. IKLAN KECIK
Iklan ada 2 yaitu pertama iklan secara konvesional di surat kabar /TV Com dan yang kedua beriklan di dunia maya/ internet /membuat Blog/Media sosial(FB/Twitter dll) ,sedangkan target kita sebagai seorang salesman beriklan kecik 3 baris di koran lokal yang oplahnya paling besar di daerah tsb,dengan  Alasan  :
•    Iklan akan memudahkan kita mengkomunikasikan ke customer tentang apa saja kelebihan product dan program penjualan kita pada bulan itu 

•    sebagian orang Indonesia pemalu mereka lebih nyaman kalau mereka mencari informasi dulu sebelum memutuskan pergi ke suatu Dealer untuk membeli mobil,karena kalau konsumen belum siap dananya akan takut di kejar-kejar salesman kalau langsung ke dealer mobil

?    Iklan kecik yang bagus akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman sampai 50%, contoh: Total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan,kalau salesman tersebut mengunakan media iklan untuk prospectingnya maka 5 unit kemungkinan besar dari hasil beriklan

•    Membuat Blog/iklan di media Sosial(FB/ Twitter)

Ini adalah Langkah jitu agar kita jualan mobil dengan mudah adalah membuat blog/iklan di media sosial karena penguna internet di indonesia semakin lama semakin luar biasa,Orang Indonesia yang akan membeli mobil  dengan cara mencari dulu  informasi harga,spesifikasi ,kelebihan,kekurangan,cara pesan,harga kredit dll di Internet semakin lama semakin besar,terbukti teman saya yang membuat Blog ERTIGAKU di Internet kebanjiran order Suzuki Ertiga sampai kewalahan menerima pesanan.

III. BUAT SISTEM JARINGAN
Penjualan dengan sistem konvensional( misal : Door to door dari rumah kerumah/dari toko ketoko) sudah mulai di tinggalkan,sekarang sudah mengunakan sistem jaringan yang lebih efeftif dan hasilnya lebih bagus:
•    Membuat dan ikut terlibat Club/komunitas mobil baru yang kita jual contoh: APV Club,Avanza Club,Xenia Club dll (seperti club harley davidson yang fanatik) atau ikut aktif club olah raga yang anggotanya mampu beli mobil
•    Maintaince data base customer yang sudah beli adalah kekuatan yang luar biasa , secara emosional mereka sudah menjadi keluarga besar karena sudah membeli product dan sudah merasakan bagaimana pelayanan kita,kalau mereka benar-benar puas maka mereka akan repeat order lagi dan tanpa di minta akan menjadi juru kampanye product kita bahkan lebih jauh lagi ,maaf bisa jadi salesaman kita yang luar biasa
•    Maintain mediator di setiap kecamatan di daerah kita,mediator ini bisa makelar mobil yang konditenya bagus tidak pernah bermasalah dengan hukum, bisa seseorang yang jadi panutan dalam memilih mobil di daerah nya,dan bisa juga owner showroom mobil bekas,minimal kita harus punya mediator 10 orang yang aktif

Jaringan yang dikelola dengan luar biasa akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman sampai 20% sd 30%, contoh: Total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan,kalau salesman tersebut mengunakan media Jaringan untuk prospectingnya maka 2 unit sd 3 unit kemungkinan besar dari hasil jaringan yang di kelola sangat bagus.
 www.dealermitsubishimakassar.com

submer : m.isbandi.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MUDAH JUALAN MOBIL (SALES FORCE)"

Post a Comment