PENTING DATABASE BAGI SALES

Database

Dalam dunia sales, database adalah catatan penting mengenai segala hal yang berhubungan dengan customer; Kartu nama customer, data diri customer, data omzet customer sampai segala sesuatu yang bersifat pribadi seperti tanggal ulang tahun, hobby dan makanan kesukaan customer yang bersangkutan.

Banyak salesman yang menyadari manfaat sebuah database. Padahal database ini sangat penting untuk menunjang sebuah keberhasilan.

Salesman yang baik tentu memiliki catatan khusus di mana dia merekam semua data penting, kegiatan dan pencapaian yang telah dia lakukan. Karena dari catatan-catatan itulah, dia bisa memanfaatkan data yang telah ada dan melanjutkan usahanya ke tahap berikutnya. Keberhasilan dalam melakukan penjualan dan transaksi, pasti tidak jauh sumbernya dari database ini.

Dalam teori manajemen modern, database termasuk dalam kategori aset penting sebuah perusahaan. Bahkan sejumlah perusahaan berani membeli database perusahaan lain dengan harga mahal. Semua bisnis bergantung pada database. Awal dan akhir bisnis adalah database.

Seorang salesman sebaiknya minimal memiliki satu database yang berisi nama-nama klien. Apa saja yang ada dalam database? Tentu saja tidak cukup dengan hanya memiliki nama dan nomor telepon customer. Mungkin meliputi pekerjaan, hobi, keluarga, hari-hari penting, impian-impian dan ketidaksukaannya pada sesuatu.

Database akan memberikan manfaat maksimal jika berisi data lengkap. Jadi mulai sekarang, buatlah database selengkap mungkin dan peliharalah yang sudah ada.

sumber : http://www.ujungtombak.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PENTING DATABASE BAGI SALES"